TRANSLATE

Kekuatan 5 Pesawat Tempur TNI (Bagian I)

Posted by

“Presiden Soekarno berpesan, bangsa Indonesia harus menguasai teknologi udara dan maritim. Apalagi Indonesia bangsa yang besar. Kalau mau bertahan, jelas mesti kuat pertahanan udaranya.”

Saat Indonesia diembargo militer oleh Amerika Serikat. AS menyetop penjualan senjata, termasuk tak mau memberikan suku cadang yang diperlukan Indonesia untuk meremajakan pesawat-pesawat TNI yang dibeli dari mereka.

Embargo ketika itu dijatuhkan lantaran Negeri Paman Sam menuduh Indonesia melanggar hak asasi manusia dengan menembaki demonstran di Dili, Timor Timur (kini Timor Leste), pada 12 November 1991.

Sepuluh tahun embargo AS, ujar Andi, membuat kekuatan tempur udara Republik Indonesia mengalami kemerosotan tajam. Banyak pesawat tempur TNI Angkatan Udara harus di-grounded lantaran tak punya suku cadang.

Hal itu misalnya menimpa setengah lusin F-16 Fighting Falcon, sejumlah armada F-5 Tiger, sampai pesawat angkut militer C-130 Hercules yang seluruhnya buatan AS. Lebih parah lagi, beberapa pesawat Hawk 109/209 buatan Inggris –sekutu AS– yang dimiliki TNI juga ikut terkena embargo.

Embargo membuat banyak pesawat militer RI tak bisa diterbangkan sekalipun kondisinya baik, bahkan tergolong baru. Alhasil sia-sia saja memiliki armada tempur jika banyak yang tak bisa digunakan untuk menjaga kedaulatan wilayah Indonesia.

Indonesia lantas mencari akal. Tahun 2003, tahun kedelapan masa embargo AS, pemerintah RI membeli pesawat Sukhoi dari Rusia negara di kubu berseberangan dengan AS. Indonesia pun kini memiliki satu skuadron lengkap Sukhoi.

Berikut pesawat tempur Indonesia yang tercanggih dan baru.

1. Super Tucano EMP-314


Pesawat tempur ini juga sering disebut dengan Super Tucano Gatot Kaca. Indonesia mempunyai 8 unit pesawat tempur ini. Jenis pesawat tempur ini mempunyai mesin tunggal yang sangat berguna untuk melakukan pertempuran taktis. Kelebihan pesawat ini yaitu bisa mencari keberadaan musuh dan menghancurkannya. Dilihat dari sistem persenjataannya, pesawat ini mempunyai 2 senapan mesin di bagian sayap kanan dan kiri. Pesawat ini juga mempunyai 5 stasiun pengait yang ada di bagian sayap 2 buah dan 1 ada di badan pesawat. Berat total dari pesawat ini adalah 1550 kg atau 1,5 ton. Stasiun pengait yang dimiliki ini bisa dijadikan tempat persenjataan ketika penyerangan.

2. F-16 Fighting Falcon






Pesawat tempur Militer Indonesia yang selanjutnya adalah F-16 Fighting Falcon atau F-16 Block 15 OCU. Indonesia mempunyai 10 unit pesawat ini yang dibeli dari Amerika pada tahun 1989 dan di tahun ini dan akan segera di upgrade agar lebih canggih. Jenis pesawat ini tergolong pesawat  supersonik yang mempunyai kecepatan sangat tinggi. Pesawat ini sukses di ekspor ke lebih dari 24
negara dan memenuhi kebutuhan tempur taktis. Kebutuhan pertempuran seperti persenjataan, roket, bom, senapan mesin, dan rudal bisa dilengkapi ke dalam pesawat ini.














Selanjutnya lihat di Kekuatan 5 Pesawat Tempur TNI (Bagian II)


Blog, Updated at: 10:10:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Follow with G+

---------------------------------------------

---------------------------------------------

STATISTIK