TRANSLATE

Penurunan Ular-ular TNI AL Yang Harus Pensiun

Posted by


Kepala Staf Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Pertama TNI Roberth Wolter Tappangan, mewakili Panglima Kolinlamil Laksda TNI Aan Kurnia memimpin upacara pemberhentian pemakaian 4 kapal perang. Upacara tersebut ditandai dengan penurunan Ular-Ular Perang Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) jenis Landing Ship Tank (LST) yang bertugas bersama Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok.

Panglima Kolinlamil dalam amanatnya mengatakan pada masa 51 tahun yang lalu dilaksanakan upacara yang sama yaitu penaikan ular-ular perang di KRI. Upacara tersebut merupakan tanda dimulainya pengabdian sebuah kapal menjadi kapal perang dan selalu berkibar di tiang gapel.

KRI Karimata-960 adalah kapal jenis Coaster yang dibuat di Galangan Hungaria Shipyards and Crane work Budapest Angyafold Rumania tahun 1964 dan mulai aktif bertugas di jajaran TNI Angkatan Laut pada tanggal 18 Maret 1965.

“Oleh karena itu pengabdian kepada bangsa dan negara Indonesia melalui Kolinlamil selama 51 tahun patut kita kenang dan kita banggakan,” katanya seperti siaran pers Dispen Kolinlamil.


Sepanjang pengabdiannya, keempat KRI ini telah berjasa bagi bangsa dan negara di dalam pelaksanaan tugas operasi baik dalam operasi militer perang maupun operasi militer selain perang serta operasi bakti lainnya diantaranya yang terkini Operasi Baksos Tsunami 2004 di Aceh, Operasi Rakata Jaya 2013 di wilayah Sulawesi dan Operasi Ekspedisi NKRI tahun 2014 di wilayah Nusa Tenggara Timur. 

Dari usia, KRI Karimata 960 yang telah jauh melebihi batas usia pakainya.

Di akhir pidatonya, komandan tertinggi di Kolinlamil ini mengatakan bahwa keputusan penghapusan ini, sudah dipertimbangkan secara matang, berdasarkan efisiensi dan efektifitas, baik dari segi operasi maupun pemeliharaan dihadapkan dengan keterbatasan anggaran dan kondisi alutsista. Dengan demikian sudah selayaknya apabila kapal tersebut mengakhiri masa baktinya dan dihapuskan dari susunan kekuatan TNI Angkatan Laut.

Hadir pada upacara tersebut para pejabat dilingkungan Komando Lintas Laut Militer.


Blog, Updated at: 8:59:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Follow with G+

---------------------------------------------

---------------------------------------------

STATISTIK